Balikpapan - Dalam rangka pemanfaatan platform sosial media sebagai salah satu wadah promosi sekolah yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, UPTD Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan mengadakan pelatihan Digital Marketing yang bertujuan untuk menguatkan nilai branding terhadap sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Kalimantan Timur sekaligus media untuk mengenalkan sekolah kepada masyarakat luas dari dalam maupun luar daerah dengan narasumber yang berasal dari BPSDM Provinsi Kalimantan Timur, Duta Teknologi, SMKN 7 Samarinda (Pemenang Sekolah Digital Tahun 2023), Borneo Digital Marketing, dan BKPSDM Kota Samarinda.
Dalam laporannya Muchamad Awaludin selaku Kepala UPTD Tekkom dan Infodik menyampaikan kegiatan ini dihadidi oleh 40 peserta yang terdiri dari Waka Humas dan Pengelola Sosial Media Sekolah dari 10 Kab/Kota Jenjang SMA, SMK, dan SLB se Kalimantan Timur dengan materi yang disajikan oleh narasumber berupa Motivation and Developing Mindset Change, Strategi Pengembangan Konten Digital Pembelajaran, Pengelolaan Media Sosial Sekolah, Pemanfaatan Media Sosial Sekolah, dan Publik Speaking.
Kegiatan pelatihan ini sekaligus menjadi persiapan sekolah untuk mengikuti Lomba Sekolah Digital Tahun 2024 yang telah diadakan oleh UPTD Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan setiap tahun.
“Digital Marketing merupakan salah satu tren di era daring yang membuat banyak perubahan secara signifikan tentang cara komunikasi dan pemasaran suatu produk yang dilakukan melalui media digital. Tujuannya adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang relevan dan efisien. Dalam hal ini, tidak hanya sebuah produk atau jasa saja yang memerlukan Digital Marketing, namun instansi pendidikan khususnya sekolah juga perlu.” tanggapan Kepala Disdikbud Prov. Kaltim, Muhammad Kurniawan dalam sambutan pada pembukaan acara tersebut.
Pelatihan Digital Marketing berlangsung di Hotel Horison Ultima Balikpapan selama empat hari, dimulai pada tanggal 5 Juni s/d 8 Juni Tahun 2024. (dit/tekkom) (foto: doddy/tekkom)